We Are With You

We Are With You
The help of Allah is always near

RELEIVE GAZA'S ORPHANS

RELEIVE GAZA'S ORPHANS
Mari kita bantu saudara kita!

Karyaku

Karyaku
Ya Allah Semoga Bisa Diterbitkan

Followers

Kisah Dalam Gambar Slideshow: Rama’s trip from القاهرة, مصر to 3 cities جدة, مكة المكرمة and الزقازيق was created by TripAdvisor. See another مصر slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.

Minggu, 06 Mei 2012

TulisanTerakhir Untuk Dinda


 Mungkin ini adalah jalan terindah, namun belum tentu terbaik untuk seseorang yang bernama Hamdi. Kisah itu telah membuatnya mengerti, bahwa semua yang terjadi, adalah bagian dari takdir yang harus dilaluinya. Untuk membuat ia semakin tahu tentang kehidupan. Meski semuanya keluar dari apa yang diharapkannya, namun cerita yang sudah tertulis antara dia dan tentang seseorang yang telah membuat hidupnya semakin indah akan menjadi kisah tersendiri dalam kehidupannya. 
Ia tidak menyangka jika tulisan yang diminta oleh orang yang pernah menjadi bidadarinya itu adalah tulisan terakhir untuknya. Hamdi adalah orang yang bodoh, karena itulah setiap rasa yang hadir dalam jiwanya adalah, perasaan lugu, sederhana dan apa adanya. Dan ketika harus mencintai seseorang, yang ia tahu hanyalah setia dan menjaga. Sayang sekali, dari sikafnya yang terlalu lugu itulah akhirnya ia harus tersisihkan, menahan luka karena bukan ia yang terpilih. 

Kasihan, ibarat orang desa yang baru mengenal jakarta, akhirnya ia harus terpedaya dengan kemegahannya. mungkin seperti itu jugalah Hamdi, dalam hidupnya ia tidak pernah berinteraksi dengan perempuan yang bukan mahramnya. Dan sungguh tragis, sekali bersinggungan dengan sosok yang bernama perempuan, harus berakhir dengan derita.  Hamdi masih membuka file-file komputernya, ia berusaha untuk menghapus semua kenangan yang pernah menghiasi hidupnya dengan seseorang yang pernah ia panggil Dinda itu. Hingga akhirnya matanya tertuju pada sebuah tulisan yang pernah ia tulis untuk seseorang yang dulu sangat dicintainya itu. Sebuah tulisan yang berisikan tentang tempat-tempat pariwisata di Mesir. Karena sosok yang bernama Dinda itu berencana akan mengunjungi Mesir bersama keluarganya.

" Bismillahirrahmanirrohiim

Ok :), sesuai dengan pesananan dinda disini mungkin kanda akan menerangkan beberapa tempat pariwisata yang wajib dikunjungi oleh setiap orang yang sedang berada di Mesir. Termasuk kanda sendiri hihi. :P
Kanda akan mulai dari tempat-tempat yang berbau laut dan pantai, (karena denger" katanya dinda sangat suka dengan laut dan pantai hehe)
1.      Sharmu Sheikh
      Sharmu Sheikh adalah salah satu tempat wisata terfavorit di Mesir, bukan hanya dikalangan para mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu diMesir tapi tempat ini menjadi sorotan para turis international hamper seluruh dunia. Karena letaknya yang strategis  menghadap Teluk Tiran dan Teluk Aqaba, Sharm el-Sheikh bagaikan surga wisata air seperti snorkeling, scuba diving dan lainnya. Di Sharm el-Sheikh, kita dapat melihat Gunung Sinai dan Naama Bay. Lapangan golf dengan fasilitas yang lengkap juga tersedia di sana.
Teman" Indonesia yang sedang belajar di Mesir sering menyebut Sharmu Sheikh dengan sebutan kota Balinya Mesir, dikarenakan suasana dan keadaannya yang hamper sama dengan Bali, banyak para turis dari eropa yang memamerkan auratnya disana. ( tapi Wallahu a'lam karena kanda sendiri belum pernah pergi ke Bali ataupun Sharmu Sheikh hihi :P ) menurut Isyu yang beredar dikalangan masisir kawasan ini menjadi salah satu tempat terlarang dikalangan mahasiswa al Azhar asal Malaysia dan sebagian teman" Indonesia dikarenakan tempat pariwisata ini memang sangat terbuka. Dan tidak cocok untuk kita" yang sedang menuntut ilmu agama.

(tapi kalo dinda mau kesana harus sering" istighfar dan jaga mata ya hihi. Dan janga lupa shalat taubat pas pulangnya. Haha becanda dinda :P )
2.      Hurghada
Nama kota ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Mesir, karena tempat ini adalah salah satu latar yang ada dinovel ayat-ayat cinta ataupun filmnya, karya monumental Habiburrahman EL-Syiroji atau yang sering dasapa kang Abik.

   Hurghada adalah kota di Mesir yang terletak di Laut Merah dan terkenal dengan pantainya yang indah dengan pasir putihnya. Hurghada juga menawarkan tempat-tempat wisata yang didukung fasilitas yang baik. Di Hurghada terdapat banyak resort, hotel dan penginapan. Terumbu karang Pantai Hurghada dianggap yang paling indah di dunia. Hurghada juga menjadi pusat internasional olahraga air seperti selancar angin, berlayar, menyelam dan lainnya.

Tapi yang perlu dinda ketahui, Hurghada juga hamper sama dengan Sharmu Sheikh. Jadi siap" aja dinda pas sampai kesana jangan lupa baca doa dulu dana baca surat an-naas hihi, agar terlindung dari godaan" musuh kita yang kasat mata J

3.      Laut Merah
Laut merah adalah salah satu laut yang tertulis diseluruh kitab suci agama samawiyyah, tak terkecuali al-qur'an. Sejarah yang tak akan terlupakan sepanjang hidup manusia ketika Nabi Musa membelah Laut Merah dengan tongkatnya. Saat itu Nabi Musa dan para pengikutnya bangsa Israel melarikan diri dari kejaran Firaun. Terusan Suez menghubungkan Laut Merah (Mesir) dengan Laut Mediterania. Laut Merah memiliki keanekaragaman hayati, terumbu karang, atol dan kadar garam yang tinggi. Walaupun banyak spesies berbahaya di laut Merah, tetapi tidak menyurutkan para penyelam untuk menikmati keindahannya.

Tapi kayanya dinda gak usah kesini karena dinda sudah pernah menyebrang dilaut merah dan nanti akan menyebrang diatasnya lagi  pas kembali ke Mesir hehe, (enak banget ya dinda udah berkeliling kemana-mana sampai laut merahpun sudah disebrangi, jadi iri kanda hihi :P )

4.      Matruh
Sekarang kita beralih ke Matruh, untuk tempat yang satu ini kanda bisa tertawa puas haha, (ledekin dinda :p) karena kanda pernah pergi kesalah satu tempat terindah di Mesir, Matruh hehe.
Matruh adalah salah satu wilayah wisata pantai yang berada di Mesir. Karena merupakan wisata pantai maka tidak akan heran jika dinda pergi kesana akan menemukan pantai-pantai inda berbaris disana. Mulai dari pantai Cleopatra, El-gharam, dan Pantai Ajibah (tulisan mesirnya Ageeba) dinda bias puas-puasin deh berenang disana. Tapi yang perlu kanda tekankan kalo dinda ke Matruh jangan sampai tidak berkunjung ke pantai Ajiibah karena disanalah inti keindahannya. Disana dinda bisa melihat keindahan luar biasa pantai dengan warna pelangi. Makanya disebut dengan pantai ajiibah yang berarti ajaib.

5.      Alexandria
Kayanya kanda gak usah membahas panjang lebar tentang kota eksotik ini, karena dinda sendiri pernah pergi kesana kan kan kan hehe. Tapi mungkin kanda bisa menyebutkan kembali tempat" pariwisata disana siapa tau ada yang nanya dinda tentang kota Alexandria :D karena kota ini juga menjadi salah satu latar tempat yang disebut di novel ketika cinta bertashbih, dan orang" Indonesia juga mungkin sudah melihat filmnya haha.
Tempat pariwisata disana
-          Pantai, hihi kesukaan dinda
-          Musium permata (empat kali kanda kesana tapi belum pernah singgah ditempat ini hehe)
-          Roman Theatre ( kanda juga belum pernah kesini hihi)
-          Roman Musium (Alhamdulillah kalo ini pernah kanda susuri, isinya tentang peninggalan" bangsa Romawi dulu, seperi tiang" istana mereka. batu" ukir dan ada juga patung peniggalan Mesir kuno terus yg lebih mengagumkan lagi dinda bisa melihat arena tempat tontonan/ hiburan para petinggi romawi jaman dulu yaitu tempat yang dijadikan perjudian dan taruhan. Yaitu manusia di adu dengan manusia lagi sampai mati, kadang juga di adu dengan binatang" buas. Seperti singa, macan dan harimau
-          Musium militer/angkatan laut ( dinda bisa bandingkan dengan pangkalan militer angkatan laut yg ada disurabaya hehe)
-          Perpustakan terbesar dan termegah (kayanya dinda udah tau juga ya hehe kanda setiap kesana pasti singgah kesini)
-          Istana dan taman raja Faruq (montazah) kayanya dinda juga pernah kesini
-          Taman El-ma'muria
-          Museum ikan
-          Masjid al-Busyri
-          Masjid Abu Abbas al-Mursi (jadi inget temen kanda di kuliah namanya Mursi hehe, dinda boleh juga kenalan nanti hihi :P )
-          Makam nabi Danil ( dinda udah denger belum nama nabi Danil hehe)
-          Benteng Qaitbey, (dinda juga kayanya pernah singgah disini)
Alhamdulillah untuk Alexandria udah hampir semuanya kanda susuri, selanjutnya

6.      Isma'iliyyah
Ini juga salah satu kota terbersih di Mesir, dan tata kota letaknya begitu menawan, kalo dinda pergi kesini dinda akan menemukan pemandangan kota semarang jaman dulu, selain terkenal dengan laut dan pantainya isma'iliyyah juga menawarkan keindahan taman"nya. Kanda tahun 2008 pergi kesana jadi sekarang udah lupa gimana keadaan disana hehe

Hehe, mungkin untuk yg berbau pantai dan laut segini dulu ya, sekarang kita lanjutkan ke tempat" yang lain, selain laut dan pantai. J

1.      Gunung Sinai

Tempat pariwisata ini sudah tidak asing lagi dikalangan para mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Mesir. Karena di perbukitan inilah nabi Musa menerima wahyu pertama dari Allah SWT.

Gunung sinai adalah puncak tertinggi di kota Saint Kahterine’s. Gunung Sinai banyak dikunjungi para turis, karena di gunung inilah Nabi Musa mendapat wahyu dari Allah, yaitu 10 perintah Allah yang diberikan untuk bangsa Israel. Di puncak Sinai juga berdiri sebuah masjid dan gereja, dan banyak pendaki yang tertarik menuju puncaknya.
Bagusnya dinda pergi kesini, karena baik untuk program diet hehe. Dinda bisa mendaki puncaknya selama 2 jam-an. Dan juga kalo dinda mau kesana perginya malam. Dan pas jam 12nya dinda bisa langsung mendaki sampai atas subuh. dinda bisa melihat keindahan luar biasa ketika matahari terbit hehe. Kebanyakan orang" eropa pergi kesana untuk melihat momen ini.

2.      Karnak

   Karnak adalah sebuah kompleks kuil, yaitu reruntuhan kuil, tiang-tiang dan bangunan yang         lain. Situs ini menunjukkan bahwa dahulu pernah berlangsung sebuah peradaban. Ada 3 kuil   utama dan banyak kuil yang berukuran kecil. Pada masa pemerintahan Firaun, Karnak dibangun sebagai tempat pemujaan. Untuk ini kanda gak bisa menjelaskan banyak" karena kanda belum pernah kesana hehe

3.      Luxor
Luxor adalah salah satu tempat wisata termewah di Mesir. Mewah karena untuk ukuran mahasiswa ongkos menuju kesana lumayan besar hehe sekitar 200 dolar hehe.
Tempat ini merupakan salah satu saksi sejarah betapa dulu disana pernah tumbuh peradaban yang sangat luar biasa. Pada masa Mesir kuno tempat ini menjadi ibu kota Negara  (1550-1069 SM) tepatnya ketika Pharaoh Amenhothep, dan Ramses II,memimpin Negara itu. Luxor terbagi menjadi dua Luxor timur merupakan pusat aktivitas peradaban dimana segala mahluk hidup lahir, tumbuh, dan menjalani kehidupan.
Sedangkan Luxor barat merupakan lokasi kubur/makam dan kuil penyembahan dewa kematian. Pembagian ini adalah menurut kepercayaan Mesir kuno bahwa siklus peredaran matahari (terbit di timur dan terbenam di barat) merupakan sistem solar yang melambangkan siklus kehidupan bangsa Mesir.

4.      El-Fayoum
Ini adalah salah satu tempat terindah juga di Mesir (terindah karena kanda sendiri pernah kesana hehe) kalo dinda mau pergi kesana dinda bisa menikmati keindahan danau Qorun, danau ketika Qorun ditenggelamkan dengan seluruh kekayaannya. Terus disana juga ada pyramid. Cuma pyramidnya tetap lebih bagus yg di Giza hehe.

5.      Son Hagar
Tmpat ini berada didaerah Fakus, menurut kepercayaan orang Mesir, disanalah nabi Musa ketika masih bayi di hanyutkan. Isinya hanya peninggalan Mesir kuno. Patung" dan sisa" reruntuhan istana. Kalo dinda mau liat fotonya kanda masih nyimpen hehe :P

6.      Siwa
Ini dia tempat paling eksotis di Mesir, Siwa adalah perbatasan Negara mesir dan Libiya, Susana disana masih sangat orisinil perkampungan tapi sudah menjadi tempat pariwisata. Kalo dinda kesana dinda akan merasa sedikit aneh karena disana dinda akan jarang sekali menemukan perempuan yg berlalu lalang. Sekalipun melihat rupa pakaian mereka akan membuat dinda merasa tercengang juga. Seluruh tubuh mereka ditutup dengan kain berwarna hitam. Cadarnya beda sekali sama dengan lazimnya orang" yang memakai cadar. Jadi ketika melihat mereka kesananya agak horor hehe menyeramkan.

Orang" Siwa juga memiliki bahasa tersendiri, yang mereka gunakan dalam percakapan sehari" mereka. namanya lughotu Siwi (bahasa siwi) orang "seluruh arabpun tidak akan paham bahasa mereka, termasuk orang mesir sendiri. Tapi jangan kuatir mereka juga bahasa arab kok hihi. 'amiyyah dan Fushah.

Objek wisata disana banyak banget dinda, ada jabal maut (Tombs of the deads mountain) gunung kematian hihi namanya serem banget, karena disana menjadi tempat pemakaman penduduk Siwa jaman dulu. Dan jaman Mesir kuno juga.
Terus ada 'uyun Celopatra, ini sumber mata air yang terus mengalir dan dijadikan kolam renang oleh orang" Siwa. Perempuan dilarang berenang disana dinda hehe, karena tempatnya terbuka. Jadi dinda kalo kesana jangan berenang ya hehe. Terus ada 'uyun Fatnas sama juga dengan 'uyun Cleopatra. Terus ada Oasis, gurun pasir yang ditengah"nya ada mata Air. Jarak menuju ke mata airnya lumayan jauh harus ditempuh dengan mobil Jip (mobil khusus di Gurun hehe), dan ada Siwa Adim. Ini merupakan komplek pertama yg dibangun oleh orang" Siwa. Sebuah perumahan yg dibuat dari lumpur dan rumput"an, disebut Siwa Adim karena peninggalan jaman dulu.
 Mungkin segini dulu ya dinda masih banyak sebenarnya tempat" yang lain, yg belum kanda tulis. Takutnya dinda bosen bacanya haha, pesan kanda kalo dinda jadi berkunjung ketempat yang sudah di sebutkan mmm… jangan narsis ya hihi :P tapi kayanya gak mungkin karena dinda pasti foto" terus sama mama dinda haha (peace dinda) mudah"an bermanfaat untuk dinda dan kanda jugaJ
Wallahu a'lam. 

Hamdi tidak menyangka jika tulisan yang ini akan menjadi tulisan terakhir untuk seseorang yang pernah dipanggil dinda itu.


2 komentar

Anonim

jadi pingin rihlah ke mesir deh ... menarik sekali sepertinya tempat2nya ya kak, ada juga toh pantai cleopatra.. :D (gak fiksi kan ya klw tempat2nya? hehe)

Unknown 17 Juli 2012 pukul 02.34

Iya atuh kalo ada kesempatan rihlah aja ke Mesir. Insya Allah, selain dapat pengalaman dapat ilmu juga hehe. iya kalau tempat-tempat wisatanya bukan fiksi

Posting Komentar